Jose Mourinho harus mengambil pekerjaan Portugal – dia akan sempurna untuk sepak bola internasional

Jose Mourinho harus mengambil keputusan, setidaknya menurut laporan yang sangat mengaitkannya dengan posisi kosong di Portugal. Keputusan Fernando Santos untuk hengkang sebagai manajer Selecao setelah Piala Dunia 2022 telah membuka posisi yang telah terisi selama delapan tahun terakhir dan Mourinho dipercaya menjadi pilihan pertama Portugal untuk mengambil alih.

Satu-satunya masalah adalah Mourinho sudah memiliki pekerjaan sebagai manajer Roma. Dia telah berada di Stadio Olimpico sejak musim panas 2021 dan membuat klub Serie A menuju ke arah yang benar di bawah kepemimpinannya – Giallorossi memenangkan Liga Konferensi Eropa perdana musim lalu dan bersaing untuk finis empat besar musim ini .

Namun ada perasaan pekerjaan Portugal mungkin lebih cocok untuk Mourinho pada tahap karirnya. Ada batas atas apa yang bisa dia capai di Roma. Anggaran mereka jauh dari yang terbesar di Serie A saat ini dan kualifikasi Liga Champions mungkin adalah satu-satunya yang bisa diberikan Mourinho.

Portugal, bagaimanapun, memiliki bakat untuk memenangkan turnamen besar dan dengan Euro 2024 tinggal 18 bulan lagi, ada peluang bagi Mourinho untuk memimpin salah satu favorit. Ini bisa menjadi peluang yang dibutuhkan pelatih berusia 59 tahun itu untuk menyelamatkan reputasinya di level manajemen elit. Waktu yang tepat baginya untuk pindah ke sepakbola internasional.

Ada alasan bagus untuk percaya bahwa manajemen internasional akan cocok dengan Mourinho. Sementara gaya permainan konservatifnya telah ketinggalan zaman dalam permainan klub, itu masih sangat berguna dalam sepak bola internasional – lihat betapa suksesnya Didier Deschamps sebagai manajer Prancis selama bertahun-tahun meskipun taktiknya dikritik.

Dalam turnamen sepak bola, mengetahui bagaimana tidak kalah bisa lebih berharga daripada mengetahui bagaimana menang dan itu bisa bermain dengan sempurna di tangan Mourinho. Meski pria berusia 59 tahun itu telah berjuang untuk mencapai banyak hal di liga sepak bola dalam beberapa musim terakhir, dia tetap terampil dalam membimbing tim melalui kompetisi piala.

Dengan Cristiano Ronaldo yang berusia 37 tahun tidak lagi menjadi kekuatan di puncak sepakbola internasional, Portugal harus membangun tim baru. Di sinilah Mourinho akan memiliki kebebasan untuk membangun sesuatu dalam citranya sendiri dengan sekelompok pemain yang mampu memenangkan penghargaan paling bergengsi. Portugal hanya menawarkan sekilas kemampuannya di Piala Dunia 2022. Masih banyak lagi yang akan datang dari kelompok pemain ini.

Santos adalah manajer Portugal yang ideal untuk saat mereka tidak memiliki banyak bakat. Mereka memenangkan Euro 2016 dengan bertahan terlebih dahulu dan melakukan serangan balik ketika mereka memiliki kesempatan. Namun, seiring waktu, metode Santos menjadi tidak cocok untuk tim dengan begitu banyak ancaman serangan alami.

Mourinho juga tidak terlalu dikenal dengan sepak bola menyerangnya, tetapi mantan bos Chelsea, Manchester United dan Tottenham Hotspur ini cenderung mengandalkan kecemerlangan para penyerangnya untuk menciptakan dan mencetak gol. Itu tidak akan menjadi hal yang buruk bagi Portugal yang memiliki pemain seperti Bruno Fernandes, Joao Felix, Rafael Leao dan lainnya untuk membuat perbedaan.

Terlebih lagi, Mourinho tidak akan memiliki pasar transfer untuk memperburuknya sebagai manajer internasional seperti yang terjadi dalam permainan klub. Pria berusia 59 tahun ini tahu bagaimana menciptakan mentalitas pengepungan dan menjalin hubungan dengan para pemainnya di ruang ganti. Ini adalah lebih banyak hal yang cocok untuk manajemen internasional. Mourinho bisa menjadi apa yang dibutuhkan Portugal dan Portugal bisa menjadi apa yang dibutuhkan Mourinho.

Author: Bobby Rodriguez